Hari Museum Indonesia 2018 di Provinsi Kalimantan Tengah.

JURNAL88.COM-Palangkaraya-Peringatan Hari Museum Indonesia tahun 2018 di adakan di Provinsi Kalimantan Tengah bertempat di Museum Balanga kota Palangka Raya jalan Cilik Riwut. Dalam peringatan pameran Museum Nasional yang di selenggarakan mulai tanggal 12 sampai dengan 18 Oktober 2018 di ikuti dari berbagai Provinsi yang ada di Indonesia.

Menurut Panitia penyelenggara Ibu Dedah R.Sri Handari Kepala Sub. Direktorat Permuseuman,Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Saat di wawancarai awak media memaparkan, pameran museum ini di ikuti dari Museum berbagai Provinsi. Sebenarnya acara ini adalah kegiatan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang bekerja sama dengan Provinsi Kalimantan Tengah. Pameran ini juga di dukung oleh Museum Nasional, Museum Bank Indonesia, Balai Pelestarian Cagar Budaya Samarinda, Balai manusia Purba Sangiran, Museum Sumpah Pemuda, Museum Naskah Proklamasi, Museum Basuki Abdullah, Museum Lampung Way Jurai,dan Museum Ambon Siwalima.

,

Menurut ibu Dedah tujuan di adakannya Pameran Museum ini adalah untuk memperkenalkan Cagar Budaya Nasional dengan tema Keragaman Budaya Indonesia dari awal hingga Milenia. Dari Sangiran ada koleksi Manusia Purba yaitu Sangiran 17, dari jaman Hindu Buddha juga ada archa. Dari Museum Nasional ada Masterbis dari masa Hindu Buddha. Kemudian ada Mahkota Sultan Banten. Ada juga keris dari Banten,Ada juga lukisan dari Basuki Abdulah.Juga ada Mahkota dari Bali.

 

Harapan di adakanya Pameran Meseum ini juga untuk menyentuh masyarakat kaum milenia agar mengenal lebih dekat budaya Indonesia. Kami juga memberikan edukasi terhadap kaum milenia melalui media sosial agar bisa dilihat di hp mereka bagaimana keragaman Budaya yang ada di Indonesia dari awal hingga milenia.pungkasnya. (asrori).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *