Keberadaan Perkebunan Kelapa Sawit Punya Peran Strategis Dalam Pembangunan

Palangkaraya – ( jurnal88.com ) Sektor perkebunan kelapa sawit memiliki nilai strategis bagi Pembangunan perekomonian di Kalimantan Tengah dari hasil Kontribusi dalam Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB), yaitu Sumber Devisa.

Keberadaan perkebunan kelapa sawit mampu membuka lapangan kerja bagi masyarakat dan mengurangi angka pengangguran, serta sebagai Sumber pendapatan asli daerah (PAD).

Sektor Perkebunan kelapa sawit memberi banyak dampak positif bagi masyarakat karena sektor ini mampu menggerakan roda perekomonian untuk kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat tersebut.

Berdasarkan hasil pantauan Tim investigasi awak media jurnal88.com dalam pantauan pada sejumlah kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah banyak dijumpai Perkebunan Rakyat yang dikelola secara Perorangan, maupun perkebunan Plasma mitra Perusahaan yang pengelolaannya dibentuk dari hasil kesepakatan Petani sebagai anggota Plasma menjadi sebuah Koperasi untuk menampung hasil panen petani masyarakat setelah itu dikirim ke Pabrik pengelolaan minyak sawit yaitu Perusahaan CPO.

Menurut berberapa warga selaku anggota Plasma mitra Perusahaan yang nama namanya tidak di sebutkan satu persatu seperti di kabupaten Sukamara,Lamandau,Kotawaringin Barat,Kotawaringin Timur,Seruyan,Katingan pada masing masing desa dan kecamatan, ketika di wawancara awak media jurnal88.com mereka mengatakan bahwa keberadaan Investor mendirikan membuka lahan perkebunan kelapa sawit sangat membantu masyarakat pada suatu wilayah yang masuk area Perusahaan, sehingga peluang tenaga kerja terbuka dan mengurangi angka pengangguran serta kesejahteraan masyarakat pun terpenuhi.

Sedangkan selama mereka mengelola kebun sawit sebagai anggota Plasma rata rata dalam satu bulan menerima hasil panen dari koperasi antara Rp.3.500.000 hingga mencapai Rp.6.000.000 itu tergantung dari luasan lahan yang dikelola masyarakat. Dari hasil tersebut mereka mampu membuka usaha jual beli berbagai jenis kebutuhan, dan mereka juga mampu menyekolahkan anak anak mereka hingga kejenjang yang lebih tinggi, bahkan dari hasil petani sawit sudah banyak anak anak petani yang menjadi pengusaha,penjabat instansi pemerintah,perusahaan,polisi,TNI,dokter,hingga menjadi pemimpin seperti yang sekarang ini, Yaitu bapak H.Sugianto Sabran adalah Gubernur Kalimantan Tengah.

Melihat sisi H.Sugianto Sabran sebelum menjadi Pemilik Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit kehidupannya dinilai pas pasan bekerja dari perkayuan hingga perkebunan sawit Namun seiring dengan waktu atas kegigihan bekerja keras tanpa memikirkan cuaca dan menjadi Pengusaha muda serta memegang kepercayaan dari pamannya yaitu H.Abdul Rasyid sang Pengusaha dari nol hingga menjadi Pengusaha papan atas Putra kelahiran kalteng yang sukses dalam bisnis perkayuan hingga perusahaan perkebunan kelapa sawit kini namanya terus menggaung di bumi tambun bungai yang saat ini menetap di singapura. ucap para petani kelapa sawit pada masing masing wilayah di provinsi kalimantan tengah. Sebelum mengakhiri pembicaraan para petani kelapa sawit berpesan mari kita tegakan rasa kejujuran,tidak sombong, bekerja keras niscaya apa yang kita perjuangkan dengan tanpa rasa malu tentu akan menghasilkan yang terbaik untuk anak anak cucu kitananti, jar babuhan petani
sawit. ( RIF/MULYADI ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *